service genset berkala

service genset

Berhubung Indonesia sangat suka sekali dengan pemadaman listrik mendadak dan tanpa pemberitahuan (sudah tradisi), banyak pengusaha menggunakan alternative lain yang bisa mengurangi resiko terancamnya usaha mereka. Tentu saja segala aktivitas yang berhubungan dengan listrik akan mempengaruhi kinerja dan pendapatan mereka dalam hitungan hari, bahkan dalam hitungan jam.

Penggunaan genset menjadi salah satu faktor dominan yang sangat dicari sebagai solusi dari pemadaman listrik di tanah air. Bahkan sekarang banyak toko–toko di berbagai daerah menjual genset terkait pemadaman bergilir yang terjadi karena menipisnya pasokan listrik Negara.

Service Genset - 081284190810

Service Genset – 081284190810

Bagi para pengusaha atau pengguna genset yang sudah membeli Genset sebagai sarana alternative memback-up PLN ketika down atau mati lampu, wajib mengetahui beberapa poin penting service genset dalam merawat genset agar penggunaannya menjadi maksimal.

Poin – poin dalam service genset Berkala ,  yakni ;

  1. Pembersihan genset, box dan rumah genset secara rutin. Perhatikan tumpahan oli atau solar di sekitar genset karena oli yang tumpah di sekitar genset bisa diakibatkan kebocoran pada beberapa klep ataupun shield. Hal ini wajib diperbaiki segera dalam Service Genset.
  2. Usahakan untuk tidak menggunakan genset melebihi kapasitasnya dan biasakan menghidupkan barang elektronik yang memerlukan daya listrik paling besar terlebih dahulu. Sebagai acuan, beban maksimal untuk genset adalah 80 persen dari kapasitas genset tersebut, untuk genset buatan china dianjurkan beban maksimal 60 persen dari kapasitas genset. Misal genset kapasitas 1000 watt hanya dianjurkan beban maksimal di 700-800 watt, sedangkan merek chinan dianjurkan 500 – 600 watt. Hal ini wajib dilakukan untuk menghindari service genset besar.
  3. Service Genset secara berkala, minimal 3 bulan 1x, secara langsung akan berpengaruh pada kinerja genset. Jika setiap komponen genset dirawat dan dijaga kondisinya, maka kinerjanya menjadi lebih baik serta memberi keamanan selama proses bekerja. Service Genset berkala juga menghindari resiko kerusakan besar pada genset. Itu sebabnya, selain dibersihkan secara berkala, periksalah volume oil, air radiator, dan tangki bahan bakar secara teratur dan melakukan penggantian dengan rutin di tempat Service Genset.
  4. Dianjurkan juga untuk menyalakan genset setiap minggu sekali tanpa diberi beban untuk sirkulasi oli sehingga seluruh komponen genset lebih tahan lama. Kencangkanlah baut-baut genset jika ada yang kendur dan lakukan Service Genset oleh tenaga ahli atau tempat jual genset.
  5. Penggantian Oli dan filter – filter secara berkala juga merupakan salah satu unsur penting dalam Service Genset. Setiap kapasitas memiliki ukuran oli sendiri dan serial filter sendiri, sebaiknya sebelum membeli genset di cek ke penjual mengenai jenis – jenis filter dan oli yang bisa digunakan untuk genset anda.
  6. Untuk genset diesel berbahan bakar solar dianjurkan untuk menambahkan Water Separator di selang pengisian bahan bakar, yang berguna untuk mengurangi kadar air di dalam Solar. Sehingga kinerja genset lebih baik dan konsumsi bahan bakar tidak boros.
  7. Dalam Service Genset, jangan lupa mengecek instalasi kabel dan panel yang menghubungkan genset dengan listrik rumah anda. Cek satu persatu koneksi kabel, jangan sampai ada kebocoran, kabel yang terlipat, atau sambungan yang tidak rapih karena factor – factor ini bisa menyebabkan kebakaran atau over capacity di genset anda.
  8. Dalam service genset jangan lupa untuk mengecek tangki bahan bakar, usahakan tangki terisi bahan bakar yang cukup untuk mensupply minimal 2 jam pemakaian, jangan biarkan kosong dan jangan lupa untuk menutup rapat guna menghindari embun air yang bisa berakibat buruk pada mesin genset anda.
service genset - 081284190810

service genset – 081284190810

Demikian beberapa hal penting yang wajib dilakukan saat anda melakukan service genset , hal yang paling penting, service genset secara berkala perlu dilakukan untuk menghindari biaya besar dikarenakan kerusakan besar pada genset. Jika anda bingung atau butuh bantuan untuk melakukan perawatan genset, jangan lupa untuk menghubungi kami, www.primasarana.com kami akan berikan service gensetterbaik demi kenyamanan pasokan listrik anda.

Contact Person:
CV. Prima Sarana Mandiri
Jl. Pramuka XVI, No. A370 – Senen – Jakpus 10440

Contact Person
Office : (021) 27840067

Arie :081284190810 ( WA )

Email: info@primasarana.com 

 

This entry was posted in Introduction and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *